/* salju turun */ adnan: Prinsip Hidup

Monday, April 30, 2007

Prinsip Hidup

Beberapa waktu lalu angkatan 2004 jurusan teknik elektro UGM mengumpulkan data angkatan yang dimaksudkan untuk mengisi buku angkatan yang akan segera dibuat kemudian. Kebetulan aku diberi tanggung jawab sebagai salah satu PJ konsentrasi dan bertugas manarik data dari para 2004'ers. Ada beberapa fenomena menarik yang aku temui di sana.

Dari beberapa data yang harus diisi, salah satunya adalah "prinsip hidup". Bukan hal yang rumit sih sebenarnya tetapi dari sekian banyak yang harus diisi, hal yang satu inilah biasanya yang membutuhkan pemikiran dahulu. Misal, tengok sana tengok sini, tanya sana tanya sini, dll. Yang lainnya sih begitu mbaca pertanyaannya langsung ditulis dengan lancarnya. Kemudian aku bertanya, mengapa?

Pada dasarnya setiap orang yang hidup membutukan prinsip atau pegangan dalam menjalani kehidupannya, ya kan? Padahal kita sudah hidup kurang lebih 20 tahunlah. Jadi, misalnya dalam satu tahun ini kita hidup berdasarkan suatu prinsip. So, begitu ada pertanyaan tentang prinsip hidup, bukannya hal itu seharusnya sudah ada dan tinggal ditulis? Mengapa harus mikir dulu?

Lalu aku mengambil kesimpulan bahwa kadang kita (bahkan saya sendiri juga) lupa apa prinsip yang kita pegang untuk menjalani hidup ini. Kelupaan inilah yang kemudian menimbulkan berbagai macam masalah, musibah, bencana, dll. mempunyai prinsip dalam hidup itu penting karena hal itulah yang membedakan kita dengan anak-anak, kita dengan orang gila, dan kita dengan binatang. Eit, tunggu dulu bahkan ternyata binatang pun punya prinsip hidup yaitu mencari makan dan berkembang biak. Apapun akan mereka lakukan demi mendapatkan keduanya.

So, mari kita temukan prinsip kita masing-masing dan menjalani hidup sesuai dengan prinsip tersebut tentu akan memunculkan kepuasan tersendiri. Ntar kalo disuruh ngisi tentang prinsip hidup ga usah bingung lagi karena sudah ada dan sudah dijalani, ya kan?

8 comments:

edi2004 said...

untung aku nggak nanya kamu yah...
prinsip?
pernah aku denger prinsip:

"buat apa jadi 234 kalau bisa no.1"

dari iklan rokok!
;D

Irham said...

Sebenarnya aku punya prinsip hidup yang membantuku bangkit waktu gagal UM, bunyinya :
Aku hanya manusia biasa dengan cela
Tapi Allah memberiku kesempatan untuk berusaha
Tapi kayaknya prinsip ini udah mulai jarang kupakai

adnan said...

Kemarin kamu ngga ngisi prinsip hidup ya ed..?
Itu juga prinsip kok ed...

Betul ham, punya prinsip membuat kita bersemangat dan termotivasi jadi jangan pernah kehilangan prinsip hidup. OK!!!

Anonymous said...

yupz mas betul banget,,,sampe sekarang aku belum nemuin apa sebenarnya yang jadi tujuan dari hidup aku,,,yah mungkin yang dinamakan prinsip itu kali yah,,,kadang aku stress kalo mikirin gak ada shine dalah hidup aku,,,aku coba buat jadi yang lebih baik tapi gak ngerti ujung ujungnya mauin apa...yah buat sekarang tinggal jalani aja tanpa tujuannn
huh mudah2n dapet yang terbaik....

skax ctr said...

aq slalu punya tujuan,tp smuanya hanya menjadi mimpi..gmn ms caranya supaya prinsip tu ga aq anggap spele n slalu fokus..mks,

Adnan Anwar said...

buat skak ctr...
Masalahnya adalah "action". Sangat simple. Tujuan hanya akan jadi mimpi semu jika tidak segera dilaksanakan. Tujuan mempermudah kita untuk mengambil tindakan apa yang perlu dilakukan. Maka jangan tunda segera lakukan, sekecil apapun itu.
Misal saya punya tujuan naik haji 5 tahun lagi. Maka langsung laksanakan persiapannya. Cari modal untuk ke sana, pelajari seluk beluknya, maka Allah akan membukakan jalan-Nya.
Satu keberhasilan akan memberikan semangat, kegagalan memberikan hikmah, tapi penundaan menghasilkan penundaan berikutnya.

Arief Rahman said...

saya sudah menetapkan prinsip saya,,,, namun kok kadang kali prinsip itu hilang dari pikiran saya...itu gimana mas???

adnan said...

@Arif Rahman
Prinsip bisa hilang jika kita tidak melaksanakannya. Sama dengan yang di atas "action".
Mengapa seorang muslim tidak pernah lupa bacaan sholat? Karena mereka melakukannya tiap hari minimal 5 kali.
Mengapa anda tidak pernah lupa jalan pulang ke rumah? Karena anda melewatinya tiap hari.
Kalo prinsip itu minyak maka action adalah korek apinya.
Jangan pernah ada kata "penundaan".
Banyak orang yang melihat apel jatuh, tetapi mengapa Newton yang menemukan teori gravitasi. Karena begitu melihat apel jatuh ia langsung melakukan eksperimen.
Banyak orang yang belajar ke Mesir tetapi mengapa Habiburrahman El Shirazy yang mengarang Ayat-Ayat Cinta yang terkenal itu? Karena begitu ia tahu tentang Mesir, ia langsung menuliskannya.