/* salju turun */ adnan: Ciri Orang Pintar

Wednesday, December 12, 2007

Ciri Orang Pintar

Tak ada yang pengin jadi orang yang bodoh, pasti semua orang ingin menjadi pintar. Lebih pintar dari siapapun yang ada di sekitarnya. tetapi kenyataannya ada juga orang yang tidak pintar tetapi seolah-olah pintar saja. Dengan kata lain, sebenarnya ia biasa-biasa saja bahkan mungkin tidak lebih pintar dari diri kita sendiri.

Pasti senang jika kita berada di dekat orang yang pintar. Setidaknya, jika kita mengalami kesulitan akan suatu hal (pelajaran di sekolah atau kuliah misalnya) kita dapat bertanya padanya. Masalah yang tadinya sulit terpecahkan menjadi mudah dan menyenangkan. Cuman permasalahannya adalah tidak semua orang pintar mau menjawab setiap pertanyaan yang kita ajukan. Jika demikian, mungkin ada sedikit rasa jengkel.

Berdasarkan pengamatanku sejak kecil sampai sekarang, aku punya beberapa kesimpulan. Kebanyakan orang yang pintar akan dengan senang hati membagi ilmunya pada kita. Dengan penuh semangat dan kesabaran ia akan berusaha agar kita dapat memahami jawaban yang ia berikan. Dan kita pun akan senang mendengar setiap penjelasan yang ia berikan. Atau jika ia tidak tahu maka ia akan dengan jujur bilang tidak tahu dan tetap menyarankan kepada siapa kita harus bertanya untuk mengetahui jawabannya. Artinya, orang yang senang membagi ilmunya untuk orang lain maka ia adalah orang yang pintar dalam arti yang sebenarnya. Kalaupun kepintarannya tidak tampak, hanya menunggu waktu saja sampai moment itu tiba.

Kebalikannya adalah kadang kita juga menjumpai orang yang ketika ditanya malah dengan pelitnya menjawab pertanyaan kita. Boro-boro mau ngasih jawaban, ia malah menghina kita dengan cemoohan yang menyakitkan. Walau kadang orang seperti itu kelihatan pintar tetapi menurutku ia tidak pintar dalam arti yang sebenarnya. Ia menghina atau tidak memberi jawaban karena berusaha menutupi kekurangan yang ada pada dirinya. Kalaupun ia punya prestasi, mungkin hanya kebetulan saja.

Itu hanya pengamatanku saja dan belum dilakukan penelitian yang valid. Jadi, tidak bisa digeneralisasikan begitu saja. Bisa jadi ada kasus-kasus tertentu yang bertolak belakang dengan kesimpulan di atas.

Nha, kita termasuk orang yang mana? Tidak perlu memikirkan dalam-dalam. Yang jelas, seperti kata pepatah "Ilmu itu semakin dibagi kepada orang lain maka bukannya berkurang melainkan bertambah." Jadi, kesimpulanku yang terakhir adalah semakin kita mau berbagi ilmu dengan orang lain (siapa saja) maka kita akan semakin pintar.

Tiada akhir dalam menuntut ilmu

4 comments:

Anonymous said...

tul bgt ....
setuju !!!
ilmu smakin dibagi gak bakalan habis
beda sama makanan !!!
gak krna pelit ya???
he,,,

Adnan Anwar said...

Terima kasih "Anonymous"
Semakin kaya ilmu semakin kita bisa memaknai hidup ini, merasakan kebesaran-Nya.
Ilmu juga bisa menjadi sarana untuk bergaul dengan orang lain....
Semangaaatttttt!!!!!

nahyun said...

Copy gambarnya yaa Boss.. Makasih!!!

agungbio said...

sepakat paklek...
org yg tdk mau ngebagi ilmuny ke org lain tu karna dia tkut brsaing, tkut org lain lbih pintar dr dia, scara langsung tu mngartikan dia tdk pintar dlm arti yg sbenarnya :)