/* salju turun */ adnan: Peluang/Kesempatan

Monday, November 26, 2007

Peluang/Kesempatan

Kita pasti selalu merindukan akan datangnya peluang alias kesempatan untuk memperbaiki kualitas hidup atau setidaknya meningkatkan meskipun hanya sedikit. Tapi begitu banyak orang mengalami hal yang tidak menyenangkan. Kesempatan tidak kunjung datang juga. Ia bersabar menanti tetapi seolah kesempatan itu justru menjauh. Ada apa gerangan ?

Tetapi sebaliknya ada orang yang tidak mengharapkan apapun tetapi justru banyak sekali kesempatan alias peluang yang datang padanya. Entah tawaran kerja ini kek, kerja itu kek, proyek ini kek, proyek itu kek dan lain sebagainya. Ada apa gerangan ?


Aku pernah melihat sebuah film yang berjudul "Under Siege 2", mungkin para pembaca juga pernah melihatnya. Ada satu kalimat yang menurutku cukup menarik meskipun yang mengucapkannya justru penjahatnya. Demikian kurang lebihnya "Kesempatan atau peluang itu selalu memihak pada orang yang mempunyai kesiapan." Yah, aku setuju dengan kata-kata itu. Selama ini kita selalu berfikir bahwa kesempatan itu bertindak secara pasif, tetapi kenyataanya ia bertindak secara aktif untuk mencari siapa saja yang paling siap untuk menerima kesempatan itu.

Kalo sipikir-pikir ada benarnya juga. Kadang suatu peluang yang kita ambil tidak didasari pada kesiapan, baik mental maupun fisik, justru akan mendatangkan kerugian. Seperti ketika kita menerima suatu jabatan sementara kita tidak punya pengetahuan tentang jabatan itu. Hanya kemalangan saja yang akan didapatkan sepanjang perjalanan menjabat.

Atau kalo dianalogikan begini. Tidak mungkin seseorang akan mendapatkan peluang untuk menjadi dokter jika ia tidak masuk/ belajar di fakultas kedokteran. Kesimpulanku adalah bahwa jika kita mempersiapkan diri secara matang akan suatu hal maka peluang atau kesempatan iu akan datang dengan sendirinya. Maka persiapkan diri kita sebaik-baiknya. Apapun itu.....


No comments: