/* salju turun */ adnan: Tentang Permainan

Friday, November 9, 2007

Tentang Permainan

Pernahkah kita melakukan suatu permainan? Pertanyaan bodoh ya? Ya sudahlah. Bukanlah masa kanak-kanak adalah masanya bermain. Memainkan suatu permainan, entah itu permainan secara berkelompok mamupun individu. Saya masih ingat waktu kecil sering bermain gobag sodor, jek-jekan(entah bahasa indonesianya apa.....???), main kelereng, kasti, sepak bola, tembak-tembakan, dan masih banyak lagi.

Saat awal kita main kebanyakan pasti akan mengalami kesulitan dalam mengikuti permainannya karena kita belum tahu bagaimana aturan mainnya. Bahkan kadang waktu itu tidak peduli sebenarnya apa maksud permainan itu, yang penting adalah senang, senang, dan senang.

Nah, sadar atau tidak, meski saat ini kita sudah merasa dewasa kadang tetap harus menjalani suatu permainan. Tetapi permainan yang ini tentu berbeda dengan permainan yang dulu ketika masih kecil. Sekarang permainan yang akan dimainkan adalah permainan yang ada resikonya, ada taruhannya, dan ada pengorbanannya. Yaitu permainan hidup.

Ya, banyak orang mengatakan bahwa hidup ini penuh dengan permainan. Bahkan hidup itu merupakan suatu permainan di mana aturan-aturan permainannya dibuat oleh Sang Pencipta hidup itu sendiri. Maka dari itu kita harus bisa memastikan diri untuk selalu up to date dalam hal permainan macam apa yang sedang kita mainkan.

Berita baiknya adalah kita dapat memilih permainan mana yang akan kita mainkan. Kita berhak menentukan apakah kita akan ikut atau tidak. Tentu keduanya ada resikonya. Orang yang sukses dalam hidupnya adalah orang yang mampu menentukan pilihan dan tahu kapan ia akan bermain dan kapan ia akan menunggu. Seperti kata pepatah "Janganlah kamu maju bertarung kecuali kamu yakin bisa memenangkannya."

Apa maksudnya? Yup, kita harus sadar betul permainan apa yang sedang kita mainkan. Dan kita harus yakin bahwa kita punya kemampuan untuk menyelesaikan permainan itu. Seperti ketika seseorang terpilih menjadi ketua suatu organisasi. Jika ia yakin mampu maka ambil tetapi jika tidak maka sebaiknya mundur daripada akan menanggung kerugian.

Atau ketika menaruh hati pada seseorang. Apakah kita akan mengatakannya atau menahan. Jika kita memang siap dan yakin akan permainan hati maka kenapat tidak? Tetapi jika kita masih belum tahu perihal permainan ini maka menahan merupakan pilihan terbaik.

Dan masih banyak lagi permainan-permainan yang kalo kita bijaksana mengambil keputusan akan menambah kenikmatan hidup tetapi jika terlalu ceroboh dan grusa-grusu maka kemalangan bukan hal yang tidak mungkin. Selamat menjalani hidup. Semoga kita mendapatka hidup yang berarti.

1 comment:

Ayu Indriyani said...

Main game dapet PS4, Kapan lagi? Buruan deh download nih game, ga bakal nyesel. Jgn lupa pake kode pin angpao ini yaa ;)) http://id.luckytablegame.com/envelope.aspx?code=8243222784&name=Andy&t=facebook