/* salju turun */ adnan: Nganggur

Monday, January 14, 2008

Nganggur

Pernah ga anda menganggur? Pasti pernah dong. Sebenarnya bisa nggak sih kita memanfaatkan waktu luang yang kita punya dengan sesuatu yang bermanfaat? Atau setidaknya ada ga sih istilah nganggur yang bermanfaat? Waduh, maksudnya gimana sih?


Gini lho. Suatu saat kita pasti pernah mengalami suatu waktu di mana ngga ada yang dikerjaan alias no activities. Nha, ada beberapa kondisi saat kita menganggur. Pertama, kita menggunakan saat tersebut untuk istirahat total, dalam artian mengistirahatkan fisik dan mental untuk mempersiapkan aktivitas selanjutnya. Tentu hal ini adalah suatu keadaan yang bermanfaat.



Sementara kondisi yang kedua adalah ketika kita tidak tahu atau bingung mau ngapain sedangkan kalopun mau tidur sudah terlalu banyak tidur sehingga rasanya akan tidak nyaman jika tidur lagi. Kondisi ini yang saya kira sangat tidak menyenangkan. Bagaimana tidak? Manusia didesain untuk selalu beraktivitas meskipun kecil sementara pada kondisi tersebut kita merasa bingung, sebenar-benarnya bingung mau melakukan apa. Saya yakin pada saat tersebut, apapun yang kita lakukan tidak akan terasa menyenangkan.



Kondisi seperti ini biasanya dialami oleh semua orang. Untuk anak kuliahan(seperti saya) misalnya, keadaan ini sering muncul pada saat selesai ujian. Tak ada jadwal kuliah ataupun praktikum. Mau ke kampus pun sepi karena semua berpikiran sama, ngapain datang ke kampus jika tidak kuliah atau praktikum(kecuali yang aktif berorganisasi tentunya).



Permasalahannya adalah ada dampak negatif tentunya dari kondisi tersebut. Yaaa….bagaimanapun juga jika otak terlalu lama didiamkan tanpa ada pemikiran yang membuatnya mengalirkan electron-elektron di berjuta-juta neuron yang ada di kepala maka kemampuan otak akan menurun. Nha, biasanya jika otak sudah menurun akan berpengaruh pada fisik juga. Badan menjadi lemah, malas, lembek, dan kondisi negative lainnya.




Maka dari itu, sebaiknyalah kita kreatif untuk melakukan apapun kegiatan yang akan membuat otak dan badan kita bekerja. Dengan demikian, potensi yang selama ini sudah muncul tidak akan tenggelam lagi bahkan bias jadi akan muncul lebih banyak potensi lainnya. Banyak hal yang bias dilakukan selama kita menganggur tetapi tentu kegiatan yang bernilai positif.




Nha, mumpung ni udah mau selesai ujian, yuk kita persiapkan masa menganggur kita dengan berbagai macam kegiatan yang bermanfaat.

1 comment:

zethoney said...

Kira-kira kegiatan yang positif dan bernilai ada gak ya??

[bernilaituchmaksdnamenghslkngitu:peace:]]