/* salju turun */ adnan: Cemburu

Monday, September 1, 2008

Cemburu

Manusia diciptakan dengan beraneka ragam perbedaan, salah satunya adalah masalah jenis kelamin. Ada yang berjenis kelamin laki-laki dan ada juga yang berjenis kelamin perempuan. Tentu mereka diciptakan seperti itu agar bisa saling melengkapi, saling mengontrol, dan saling membantu agar kehidupan yang dijalani tidak sesulit yang ada dalam pikiran.

Keberbedaan tersebut membuat mereka saling mengalami ketertarikan. Suatu perasaan yang membuat ia mampu melakukan apa saja yang kadang tak dapat diterima oleh logika. Ketertarikan tersebut yang membuat manusia dapat meninggalkan keinginan pribadinya dan lebih mementingkan orang lain.

Hanya saja, ketertarikan itu juga memunculkan perasaan lain yang bertolak belakang dengannya. Kata yang tepat adalah cemburu. Apa sih definisi cemburu? Saya sendiri kurang paham mengenai definisinya tetapi perasaan itu jelas sangat tidak menyenangkan. Lebih tidak menyenangkan daripada luka fisik maupun luka-luka lainnya. Perasaan tidak menyenangkan itulah yang mempunyai efek berkebalikan dengan perasaan yang telah disebutkan sebelumnya.

Di dunia ini memang selalu ada hal-hal yang bertentangan. Seperti jika ada putih maka pasti ada hitam, jika ada baik pasti ada jahat, jika ada depan maka pasti ada belakang, dan jika ada atas pasti ada bawah dan masih banyak hal yang lainnya. Sesuatu yang selalu berkebalikan itu sebenarnya bukan hal yang membahayakan tetapi jika tidak disikapi dengan baik maka akan menghasilkan sesuatu yang sangat buruk.

Diantara sekian banyak permasalahan perasaan, kecemburuan adalah masalah perasaan yang sangat menyiksa. Sehubungan dengan relasi yang dibangun dengan seseorang, kadang rasa cemburu harus ditandingkan dengan perasaan setia pada sahabat. Persahabatan, pertemanan, dan kekompakan yang sudah terbangun sangat lama tentu akan memberikan rasa sakit yang luar biasa ketika perasaan cemburu terhadap mereka muncul.

Tak ada yang bisa disalahkan. Kita hanya bisa berusaha bagaimana cara mengleola hati dan perasaan agar rasa cemburu tersebut tidak menggerogoti semua sel-sel di dalam hati kita. Yuk, kita tingkatkan empati terhadap sesama untuk meredam rasa cemburu.

No comments: