/* salju turun */ adnan: Ketiduran

Tuesday, January 6, 2009

Ketiduran

Pernahkah anda mengalami satu peristiwa yang disebut dengan ketiduran? Pasti pernah dong….. Ketiduran dapat diartikan sebagai tidur yang tidak disengaja atau dengan kata lain pada awalnya kita tidak merencanakan untuk tidur tetapi secara tidak sengaja kita terlelap dalam dunia mimpi tersebut. Kebanyakan hal ini dikarenakan kondisi badan yang sudah sangat lelah dan ingin segera minta untuk diistirahatkan.

Ada beberapa hal negative yang terjadi ketika seseorang ketiduran. Ada yang ketiduran tetapi pada tempat yang tidak seharusnya. Wah, yang ini bisa berakibat fatal. Contohnya saja adalah ketiduran ketika berada di ruang kuliah. Saya pernah punya pengalaman yang demikian, tetapi bukan saya yang ketiduran. Pada saat kuliah sedang berlangsung, salah satu teman saya ketiduran di kelas. Malangnya, dosen melihat sang mahasiswa dan langsung berkata,”Mas, kalo mau tidur di rumah saja. Silakan sekarang anda pulang!” Kontan, semua mahasiswa yang sedang menghadiri perkuliahan diam sementara sang mahasiswa ngeloyor keluar.

Kasus kedua adalah ketiduran pada posisi yang tidak tepat. Akibatnya pun bisa fatal. Masih sama dengan cerita di atas, mahasiswa tersebut ketiduran pada posisi yang sangat mudah dikenali bahwa ia sedang ketiduran sehingga dosen langsung tahu. Bagaimana tidak? Ia duduk di kursi, kepala menghadap ke atas dan mulut terbuka lebar. Sudah pasti ketahuanlah. Nha, pada posisi yang demikian juga bisa mengundang teman yang lain untuk mengerjainya. Missal dengan memasukkan makanan ke dalam mulutnya. Nha, kalo yang dimasukin sambal kan bisa kaget setengah mati. Belum lagi kalo kejadian itu ddokumentasikan. Biasa, mahasiswa kan sukanya usil-usilan kayak gitu.

Nha, kasus yang terakhir adalah ketiduran pada waktu yang tidak tepat. Hal demikian juga bisa sangat fatal akibatnya. Apalagi bagi kita-kita yang suka menunda-nunda pekerjaan. Tugas mata kuliah misalnya, tidak akan dikerjaan sebelum malam pengumpulan. Sayangnya tidak jarang pada malam harinya, karena kecapekan maka ketiduran sampe pagi. Akhirnya pagi hari gelagapan karena belum mengerjakan tugas. Wah, solusinya langsung mandi dan berangkat paling awal ke kampus, berharap begitu ada teman yang dating langsung pinjam tugas untuk disalin. Beruntung jika tugasnya hanya mengerjakan soal. Nha kalo tugasnya membuat paper atau simulasi yang harus mengunakan computer, kan tidak bisa disalin begitu saja.

Sebenarnya kita bisa mengurangi kebiasaan ketiduran tersebut. Seperti kata pepatah, mencegah itu lebih baik daripada mengobati. Kalo mau saya tambahkan, mencegah itu lebih murah daripada mengobati. Perencanaan yang baik serta focus dalam mengerjakan sesuatu akan sangat membantu dalam mengurangi kebiasaan ini. Jika kita memang sedang bekerja atau belajar maka fokuslah dalam mengerjakannya tetapi ketika kita sedang istirahat maka focus juga untuk mengistirahatkan, baik badan maupun mental. Dengan demikian masing-masing akan memberikan hasil yang optimal dan keduany tidak tercampur satu sama lain. Untuk kasus yang terakhir, jangan menunda-nunda pekerjaan. Begitu tugas diberikan, langsung kerjakan dengan kesungguhan hati…!!!
Yosh!!!!!!

1 comment:

Erika said...

Wah aku pernah liat tuh..sering banget...terutama pas KKN. Critanya gini, tmnku ini nda tau ya, kayanya tipe org yg bisa tidur di mana aja, di kursi, di lantai bahkan pas rapat...nha lucunya, kalo di pondokan dan ketiduran, dia tidurnya sambil mangku laptop, sambil mangap juga tuh tidurnya...tu tu tu orgnya di cermin...=P