/* salju turun */ adnan: Tentang Cinta Lagi

Wednesday, January 7, 2009

Tentang Cinta Lagi

Entah mengapa, beberapa hari ini saya sering berfikir tentang cinta. Mencoba untuk merumuskan seluk beluk tentangnya. Apa saya sedang jatuh cinta? Ah, tidak perlu dipertanyakan, kawan. Biarlah itu menjadi rahasia pribadi dan hanya Allah yang tahu. Yang penting, beberapa gagasan yang muncul dikarenakan kondisi itu bisa dicurahkan dalam bentuk tulisan-tulisan saya dan menjadi konsumsi public untuk diambil manfaatnya.Justify Full

OK. Satu hal yang pasti, cinta memiliki dua akibat terhadap psikologi orang yang yang mengalaminya. Dan keduanya hanya bisa muncul salah satu dalam satu waktu, tidak bisa berbarengan karena memang keduanya berkebalikan. Yang pertama, adalah akibat yang negative. Tidak sedikit orang yang bisa mengelola perasaan cinta sedemikian hingga bisa memberikan semangat hidup serta menunjang kesuksesan demi kesuksesan padanya. Saya katakana bahwa orang tersebut mampu memanfaatkan energy potensial yang ditimbulkan oleh perasaan cinta.


Menurut saya sendiri, sifat dasar cinta adalah sesuatu yang positif sehingga jika dikelola dengan alur yang benar maka akan membuat sesuatu yang positif juga. Ia adalah orang yang bisa memanfaatkan sifat positif cinta tidak hanya tertutup pada orang yang dicintainya tetapi meluas ke semua aspek kehidupannya. Karena ada juga orang yang ketika punya perasaan ini maka semua tertuju pada orang yang dicintai. Akhirnya menfaat yang diperoleh juga hanya sebatas ia dan orang yang dicintai. Beruntunglah orang yang mampu mengubah energy cinta menjadi energy-energi lain untuk menunjang kebahagiaan hidupnya dan orang-orang yang ada di sekitarnya.


Sebaliknya ketika cinta tidak dikelola dengan baik, maka hal-hal negative saja yang akan muncul. Hal ini bisa terjadi jika perasaan cinta yang kemudian diarahkan pada sesuatu yang bersifat fisik. Missal cinta yang membuat pelakunya justru terganggu konsentrasinya, munculnya rasa cemburu yang berlebihan, bahkan mungkin rasa ingin memiliki seutuhnya. Seperti kata beberapa lirik lagu dan puisi bahwa cinta itu tidak harus memiliki.


Maka sebaiknya, ketika rasa itu dating maka sesungguhnya ia adalah sebuah energy yang harus kita kelola. Sesuai dengan hokum kekekalan energy bahwa ia tidak dapat diciptakan ataupun dimusnahkan tetapi dapat diubah bentuknya. Kita bisa mengubah energy cinta menjadi berbagai macam energy yang membuat hidup kita lebih bermakna. Seperti mengubahnya menjadi energy semangat, energy pantang putus asa, energy kasih saying, dan masih banyak lagi. Semakin kita bisa mengelolanya maka semakin positif dampaknya.

YOSH!!!! Kita sama-sama belajar untuk mengelola sesutau yang disebut “CINTA”

No comments: