/* salju turun */ adnan: Saat Ulang Tahun

Tuesday, June 5, 2007

Saat Ulang Tahun

Ada yang belum pernah ulang tahun? Pasti sudah semua dong, kecuali yang umurnya kurang dari satu tahun. Fenomena yang saat ini terjadi adalah bahwa ulang tahun adalah moment yang biasanya dirayakan dengan mengadakan pesta. Macem-macem juga pestanya, ada yang kecil-kecilan saja sampai yang mengeluarkan uang jutaan rupiah untuk mengadakan pesta besar-besaran. Lalu, sebenarnya apa sih yang ingin didapat dari merayakan ulang tahun?

Menurutku yang lebih penting adalah bagaimana kita menyikapi umur yang makin bertambah tersebut. Seperti sebuah nasehat dari seorang Ben Parker kepada keponakannya Peter Parker dalam film Spiderman :


"With great power comes great responsibility"


Sebuah kalimat dengan makan yang sangat mendalam dan menyeluruh. Power dalam kalimat tersebut dapat diterjemahkan ke dalam berbagai makna. Misalnya kekuatan fisik, Ilmu, kekuasaan, bahkan umur juga bisa dimasukkan ke sana.


Kita harus menyadari itu bahwa semakin bertambah umur kita maka tanggung jawab yang harus kita pikul pun otomatis bertambah. Ruang lingkup tanggung jawab tersebut juga semakin bertambah, misalnya dulu hanya terbatas pada keluarga, bertambah menjadi masyarakat sekitar, alu bertambah lagi ke lingkup negara, lalu bertambah lagi ke lingkup dunia, dan seterusnya.


Cuman kadang kita tidak bisa menentukan tanggung jawab kita itu apa. Nha, itulah yang harus kita cari terlebih dahulu. Yang jelas, pendapatku apa yang telah kita ketahui itulah tanggung jawab kita. Misal, ada orang yang sedang mencari sesuatu barang sedangkan kita mengetahuinya, maka kita punya tanggung jawab untuk memberitahunya. Atau ketika kita mempunyai saudara, teman, atau siapa saja yang kita kenal melakukan perbuatan yang kurang baik sedangkan kita mengetahuinya maka kita punya tanggung jawab untuk mengingatkannya.

No comments: