/* salju turun */ adnan: Suksesi

Tuesday, June 26, 2007

Suksesi

Suksesi. Apa sih itu? Mungkin kalo dalam sebuah organisasi berarti pergantian pengurus. Ya..memang itulah artinya. Kebetulan kemarin aku baru saja mengikuti sebuah ritual suksesi yang diadakan oleh MPM KMTE FT UGM di mana terjadi proses pelantikan pengurus baru bagi KMTE FT UGM.

Kupikir berkembang atau tidaknya sebuah organisasi juga sangat tergantung pada yang namanya suksesi ini. Bagaimana tidak? Misi yang sudah diusung oleh kepengurusan sebelumnya harus dapat dipelajari oleh pengurus baru sehingga dapat melanjutkannya. Biasanya dalam kata sambutan ketua baru, mereka sering mengatakan "Kepada teman-teman pengurus, mari kita mulai dari awal membangun organisasi ini...bla...bla..." Sebenarnya kurang benar, menurutku. Seharusnya bukan mulai dari awal tetapi melanjutkan keberhasilan yang sudah dicapai sebelumnya.

Maka dari itu, penting bagi pengurus lama untuk mentransfer segala macam keberhasilan dan target yang telah tercapai kepada pengurus baru sehingga mereka dapat mengira-ira, mulai dari mana mereka membangun kejayaan organisasi. Ibarat oleh raga, kepengurusan itu seperti lari estafet dimana pelari yang satu melanjutkan pelari lainnya dengan membawa visi dan misi yang sama.

Untuk pengurus baru KMTE FT UGM, selamat mengemban amanah. Lanjutkan perjuangan pengurus sebelumnya. Kembangkan kejayaan KMTE sampai batas yang bahkan tidak pernah kita bayangkan.

No comments: