/* salju turun */ adnan: Bersikap Terbuka

Sunday, July 15, 2007

Bersikap Terbuka

Banyak hal di dunia ini yang pernah atau akan dilalui oleh seorang manusia. Entah itu yang menyenangkan ataupun yang kurang menyenangkan. Tetapi semua itu adalah sebuah kepastian yang tak dapat dipungkiri oleh siapapun juga. setiap kita pasti pernah mengalami salah satu kejadian tersebut. Yang menyenangkan misalnya : masuk PTN favorit, dapet nilai yang bagus saat ujian, dapat teman baru saat masuk kuliah, atau hanya sekedar dipuji seseorang yang kita cintai pun bisa membuat hati kita senang.

Tetapi di lain pihak kita juga sering mengalami suatu kejadian yang membuat hati menjadi sedih. Misal : dapet nilai jelek saat ujian, ada orang yang mengejek kita, dimarahi oleh seseorang, kecelakaan, dan lain sebagainya. Semua itu membuat hati menjadi sedih dan kadang mempengaruhi psikologi yang ada dalam diri kita.

Sebagai makhluk sosial maka kita tidak akan pernah lepas dari orang lain karena memang pada dasarnya kita tidak dapat hidup tanpa bantuan orang lain. Setiap hal yang terjadi (entah menyenangkan ataupun menyedihkan) pada dasarnya seperti energi. Di mana energi itu tidak dapat diciptakan atupun dimusnahkan. Ketika kita mengalami suatu kejadian seolah-olah kita mendapatkan suntikian energi dari luar.


Jika suntikan itu berupa energi positif(menyenangkan) maka akan menjadi berlipat ganda ketika diteruskan kepada orang lain(diveritakan/dibagi bersama orang-orang di sekitar kita). Sebaliknya jika suntuikan itu berupa energi negatif (kurang menyenagkan) maka energi tersebut akan semakin berkurang ketika dibagi dengan orang lain.

Nha, di situlah kuncinya. Suatu perasaan, ketika sembunyikan dalam diri akan terus seperti itu, tidak berkurang ataupun lebih. Tetapi jika dibagi bersama orang lain akan menjadi suatu hal yang sungguh menyenangkan. Kesedihan berkurang sedangkan kegembiraan bertambah. Itulah sebuah misteri yang bahkan tak akan pernah dapat dijelaskan dengan teori matematika.

2 comments:

Anonymous said...

Yup Terbuka atau mati

Adnan Anwar said...

Ini pasti zozoh, kasih nama dong kalo comment. But thx.....