/* salju turun */ adnan: Berfikirlah Lebih Luas

Tuesday, May 20, 2008

Berfikirlah Lebih Luas

Jika kita ingin mendapatkan sesuatu maka kita harus merencanakan langkah-langkah yang harus ditempuh untuk mendapatkannya. Jika kita ingin meraih masa depan yang lebih baik maka kita harus memikirkannya sekarang. Dan jika kita ingin menjadi seseorang yang lebih baii daripada sekarang maka kita harus merencanakannya. Segala sesuatu di dunia ini butuh perencanaan, butuh pemikiran awal untuk menentukan langkah-langkah yang harus ditempuh. Semakin besar keinginan kita maka semakin besar pula perencanaan yang harus kita buat.


Hal yang sudah direncanakan saja kadang masih tidak dapat kita capai apalagi jika tidak direncanakan, sudah pasti gagal meraihnya. Dengan demikian, tidak cukup hanya merencanakan saja. Butuh pemikiran yang lebih jauh mengenai apa yang harus kita lakukan untuk memperoleh apa yang kita inginkan. Semakin jauh kita memikirkannya maka semakin dekat pula pada keberhasilan untuk meraihnya.


Hanya saja, kadang kita terlalu naif dengan mengatakan,”Semuanya sudah saya pikirkan, tinggal dijalankan saja.” Rencana adalah sesuatu yang sangat misterius, sesuatu yang sangat sulit didefinisikan cara kerjanya. Semakin matang kita memikirkan rencana tersebut, maka semakin kita tahu bahwa masih ada celah di sana. Satu masalah terpikirkan dan kita tahu solusinya, maka saat itu juga muncul masalah lain. Seolah-olah tidak ada habisnya masalah yan muncul dalam setiap langkah yang akan kita ambil.


Memang demikianlah adanya. Bagaimanapun juga Allah berfikir jauh lebih sempurna daripada manusia. Dia-lah yang mengatur alam ini, Dia-lah yang mengatur kerja setiap hal di dunia ini bahkan sampai yang yang sangat kecil sekalipun. Artinya adalah, tak akan ada orang yang bisa membuat perencanaan dengan sempurna, selalu ada saja celah yang bisa menghambat tercapainya suatu tujuan.


Semakin luas seseorang berfikir maka semakin baik pula perencanaan yang ia buat. Coba saja kita tes beberapa orang mengenai seberapa luas ia berfikir atau justu anda sendiri bisa mengetes kemampuan berfikir anda. Dari yang simpel saja, misal coba deskripsikan dengan kata-kata anda sendiri bagaimana bentuk dan situasi rumah anda sehingga orang lain, meskipun belum melihatnya dapat merasakannya melalui angan-angannya.


No comments: