/* salju turun */ adnan: Tentu Saja Bisa

Wednesday, May 7, 2008

Tentu Saja Bisa

Dalam kehidupan ini, tidak jarang kita menemui suatu persoalan yang membuat kita berfikir ulang dengan selalu munculnya pertanyaan “Apakah masalah ini bisa diselesaikan?” Suatu masalah yang bahkan dalam bayanan kita pun sulit menemukan pintu keluarnya apalagi dalam kenyataannnya. Keadaan ini yang membuat saat-saat yang dilalui menjadi saat yang penuh dengan kekhawatiran dan perasaan tidak tenang. Jika dalam bahasa jawa ada istilah “grusa-grusu”.

Dalam hal ini yang bisa dijadikan modal hanyalah keyakinan. Itupun akan sangat berat dan sulit untuk membangunnya. Bagaimana tidak? Keyakinan akan muncul ketika sesuatu dapat kita bayangkan dalm pikiran, sesuatu yang sesuai dengan alur pikiran manusia, yang dapat buat sistematikanya serta memiliki bukti-bukti yang kuat. Seperti jika saya bertanya “Apakah anda yakin bahwa makhluk luar angkasa itu ada?” Jawaban yang muncul pasti bermacam-macam dan kebanyakan menunjukkan ketidakyakinannya. Mengapa? Karena tidak ada bukti yang jelas serta dasar pemikiran yang kuat, yang bisa digunakan untuk menjawab pertanyaan tersebut.

Tetapi sebagai orang yang beragam tentu kita punya satu keyakinan yang tak terbantahkan lagi. Apakah itu? Satu keyakinan yang mengatakan bahwa “Allah selalu membantu orang-orang yang mau berusaha dengan sungguh-sungguh.” Pernyataan ini memang tidak bidsa di dibuktikan secara duniawi, karena Allah bekerja dengan caranya sendiri, jauh lebih cerdas daripada cara yang ditempuh oleh manusia. Hanya saja pengalamanlah menunjukkan bukti-bukti tersebut.

Kita pasti pernah mendengar di radio atau melihat di televisi, ada orang yang bahkan tidak lulus Sekolah Dasar tetapi dapat mendirikan usaha yang sangat besar, bahkan memiliki anak buah dengan pendidikan jauh lebih tinggi daripada dia. Secara logis kita tak dapat menerima jika ada orang yang mengatakan “Ada orang yang tidak lulus SD tetapi menjadi orang sukses.” Kenyataan mnunjukkan buktinya, inilah yang saya maksud “Allah bekerja dengan caranya sendiri, yang bahkan manusia kadang tak dapat menduganya.”

Maka dengan dasar ini, pertanyaan awal tadi “Apakah masalah ini bisa diselesaikan?” sudah dapat kita ketahui jawabannya, yaitu “Tentu saja Bisa.” Keyakinan di dalam hati yang dilanjutkan dengan usaha yang sungguh-sungguh dapat memunculkan kekuatan dan kesempatan belum pernah kita pikirkan sebelumnya. Kita hanya harus bersikap tenang dan menjalankan apa saja yang dapat kita lakukan. Kalaupun kita gagal, kegagalan itu bukanlah kegagalan yang membuat kita jatuh ke jurang yang dalam karena kita sudah mendapatkan pengalaman yang tidak akan kita dapatkan jika hanya berdiam diri saja.

Nothing impossible if we always think possible. Satu kalimat yang selama ini saya pegang, dan akan saya buktikan kebenarannya. Di mana ada pintu masuk pasti ada pintu keluar, di mana ada usaha di situ ada jalan, di mana ada kemauan di situ ada keberhasilan.

No comments: