/* salju turun */ adnan: Tidur

Sunday, May 25, 2008

Tidur

Tidur adalah satu cara yang digunakan oleh sebagian besar makhluk hidup(atau mungkin justru semua makhluk hidup) untuk mengistirahatkan badannya dari segala macam kegiatan yang bersifat eksternal. Harapannya, setelah bangun dari tidur badan menjadi segar kembali dan siap untuk menjalani aktifitas selanjutnya yang mungkin lebih berat daripada aktifitas sebelum tidur.

Hanya saja fenomena yang sekarang terjadi agak berbeda dari teori si atas. Banyak orang menidurkan dirinya di luar alasan di atas. Coba kita tanya pada diri kita masing-masing. Suatu kali kita pasti mengalaminya. Contoh ketika kita tidak ada kegiatan yang harus dikerjakan, maka kita sering bilang “Tidur aja, ah!!!”, ketika kita ada kuliah padahal ada tugas yang harus dikumpulkan, lalu kita bilang “Daripada dimarahi dosen, tidur aja, ah!!!”, ada juga ketika waktu masih pagi, hujan deras, udara dingin, rasanya malas sekali keluar rumah maka kita juga akan bilang,”Tidur aja, ah!!” dan lain sebagainya.

Harus kita pahami bahwa segala sesuatu di dunia ini pasti memiliki tujuan dasar(tujuan defaultnya mengapa kita melakukan sesuatu) seperti kita makan karena lapar, kita sekolah karena ingin pintar, kita mendengarkan music agar terhibur, dan lain sebagainya. Ketika kita melakukan seuatu tidak sesuai dengan tujuan basicnya maka kadangkala hal itu akan menimbulkan efek negatif bagi si pelakunya. Tujuan yang seharusnya dicapai(yaitu tujuan dasarnya tadi) menjadi tidak tercapai, dan akhirnya kita tidak dapat menikmati posesnya.

Sebut saja ketika kita terlalu banyak tidur. Apa yang terjadi? Badan kita justru terasa lemas dan malas untuk melakukan berbagai macam aktifitas. Bukankah ini justru sebaliknya? Contoh lain misalnya ketika kita kuliah di kelas. Tentu maksudnya adalah agar kita mendapatkan ilmu dari proses perkuliahan tersebut. Tetapi ketika tujuan kita melebihi dari tujuan dasar tersebut maka kadangkala justru tidak tercapai. Dan masih banyak lagi contoh-contoh lain yang kita alami sehari-hari.

Kembali ke permasalahan tidur. Sebaiknyalah kita mengembalikan tujuan dari tidur itu sendiri, yaitu agar badan kita istirahat dari segala macam aktifitas eksternal. Yaaa....tentu ada banyak gangguan yang akan memberikan kenikmatan yang lebih daripada itu tapi yakinlah bahwa kenikmatan itu hanya bersifat sementara dan justru akan memberikan dampak negatif untuk waktu yang akan datang. Jangan sampai kita mengidentikkan tidur dengan kemalasan. Memang ada hubungannya tetapi tentu tidak bisa digeneralisir begitu saja.

OK. Selamat menikmati tidur yang nyaman. Tidur yang nyaman tidak harus lama.

No comments: