/* salju turun */ adnan: Pengorbanan dan Kesuksesan

Wednesday, May 9, 2007

Pengorbanan dan Kesuksesan

Sepertinya judul di atas tidak terlalu menarik tetapi aku ingin menulis saja tentang dua hal di atas. Sadar atau tidak, kedua hal tersebut tidak bisa dipisahkan satu sama lain artinya di mana ada kesuksesan pasti ada pengorbanan. Kok bisa begitu? Mari kita mulai pembahasannya.

Pernah ga kita melakukan yang namanya pengorbanan? Pasti pernah dong.... Bahkan kita tidak sadar bahwa sebenarnya tindakan yang kita lakukan adalah sebuah pengorbanan. Kalo kita pikirkan sekali lagi sebenarnya pengorbanan itu suatu hal yang baik atau buruk sih? Tentu hal itu akan sangat tergantung dari sudut pandang mana kita menilainya.

Yang jelas, menurutku pengorbanan bisa kita nilai hal yang buruk ketika tidak ada tujuannya. Betapa banyak orang berkorban demi sesuatu yang tidak sebanding dengan besarnya pengorbanan tersebut. Tentu kita harus memikirkan betul apa dan bagaimana serta akibatnya dari pengorbanan yang akan kita lakukan. Misalnya saja, kita rela lembur bermalam-malam untuk mengerjakan laporan praktikum untuk mendapatkan nilai yang baik. Tentu hal itu pantas untuk dilakukan.

OK. Aku pengin menghubungkan pengorbanan tersebut dengan kesuksesan. Kesuksesan ternyata bukan hal yang gratis, ada suatu hal yang harus dibayar untuk mendapatkannya, yaitu pengorbanan. So, jika kita ingin mendapatkan kesuksesan maka kita harus menemukan dulu apa yang harus dibayarkan untuk mendapatkannya. Bukan hal yang sulit sih sebenarnya tetapi membutuhkan komitment serta disiplin yang tinggi untuk melaksanakannya.

Contoh, jika kita ingin mendapat nilai yang baik pada salah satu mata kuliah yang kita ikuti. Bukan hal yang rumit untuk menemukan apa yang harus kita bayar untuk mendapatkan kesuksesan tersebut, yaitu belajar yang giat. Pelaksanaannya? Itu yang mungkin bagi sebagian orang sulit.

Pengorbanan memiliki hubungan yang berbanding lurus dengan kesuksesan, artinya semakin besar kesuksesan yang kita inginkan maka semakin besar pula pengorbanan yang harus kita berikan. So, apa sih kesuksesan paling besar di dunia ini? Tak semua orang menyadarinya. Hal itu yang mungkin kemudian membuat beberapa orang terkesan hidupnya tanpa arah.

Kita harus mulai memikirkannya, supaya kita bisa menentukan besarnya pengorbanan yang harus diberikan. Seperti kata pepatah "Hidup yang bermakna adalah hidup yang terencana." Terencana maksudnya adalah kita tahu bahwa setiap hal yang kita lakukan adalah untuk mencapai satu tujuan yang sudah kita tentukan.

So, mari kita tentukan tujuan hidup kita......

3 comments:

edi.imanto said...

Aku kurang berkorban yo berarti...
buktine aku malah ra melu SS

Anonymous said...

No pain, no gain....dan setuju dengan Adnan, pengorbanan dan kesuksesan adalah sahabat karib! Yang satu mesti dialami, supaya yang satunya bisa dialami.

Kesuksesan paling besar di dunia ini akan berbeda bagi setiap orang...tapi ada sukses itu memang tergantung dari diri kita nya kok....

Ada 1 artikel tentang kesuksesan di blog aku, silakan membaca....smoga membantu anda menentukan kesuksesan terbesar anda.... ;)

Anonymous said...

yo bener..no pain no gain aja ahk..
kesuksesan itu pasti ada ketika kitaa berusaha,.man jadda wa jadda..tp,,sllu bersyukur,itu langkah kesuksesan.