/* salju turun */ adnan: Tahu

Monday, August 20, 2007

Tahu

Manusia ditakdirkan memiliki rasa ingin tahu. Hal itulah yang kemudian menjadikannya dapat berkembang menjadi sesosok maklhuk yang selalu lebih baik daripada sebelumnya. Dengan bermodalkan kumpulan syaraf yang membentuk satu organ, yaitu otak, ia dapat mengembangkan satu permasalahan dari yang sederhana menjadi hal yang sangat kompleks.

Rasa ingin tahu juga yang membuat manusia dapat bertahan dari kepunahan. Bagaimana tidak, dengan rasa ingin tahu tersebut ia dapat menciptakan alat-alat teknologi baru yang membuatnya lebih nyaman dan menyenangkan dalam menjalani hidup. Jadi, manusia yang paling bisa berkembang adalah manusia yang mempunyai rasa ingin tahu yang paling tinggi.

Tetapi dibalik sisi positif tersebut tentu ada sisi negatifnya. Ada kalanya rasa ingin tahu justru membuat kita terperosok ke dalam permasalahan yang akan membuat hidup kita sengsara. Bahkan bisa membuat kita celaka alias meninggalkan dunia ini lebih cepat dari yang kita perkirakan sebelumnya.

Contoh saja. Aku agak suka sama film anime yang berjudul Conan, dan kebanyakan anak Indonesia menyukainya. Nha, dari awal ceritanya, Sinichi Kudo tahu transaksi yang dilakukan oleh sekelompok penjahat sehingga membuat dia menjadi kecil. Atau misal kita tahu bahwa diri kita terserang penyakit yang akan mencabut nyawa kita sebentar lagi. Atau misal kita tahu kapan kita akan mati. Saya yakin hidup kita malah akan menjadi tidak tenang karena memmikirkannya.

Tahu, ternyata juga membawa sebuah konsekuensi. Seperti kata pamannya Peter Parker dalam fil Spiderman :"With great power comes great responsibility". Kekuatan yang dimaksud tentu termasuk pengetahuan. Misal kita tahu bahwa jika adik kita bermain pisau maka kemungkinann besar akan terluka, maka kita punya kewajiban untuk mengingatkannya. Atau misal dalam satu perahu ada seseorang yang berusaha melubangi perahu dan kita mengetahuinya, maka kita punya kewajiban untuk mengingatkannya karena kalau tidak, kita sendiri juga akan ikut tenggelam.

Yah, setidaknya kita dapat memahami apa arti dari "mengetahui", "rasa ingin tahu", dan "pengetahuan". Setiap segala sesuatu di dunia ini pasti ada konsekuensi dan resiokonya.

No comments: