/* salju turun */ adnan: Berjalan dan Berlari

Tuesday, February 26, 2008

Berjalan dan Berlari

Setiap orang dilahirkan di dunia dengan modal yang sama. Ya, kalo ilmu biologi mengatakan bahwa keadaan seseorang ditentukan oleh dua hal, yaitu gen dan lingkungan. Tetapi bagaimanapun juga ketika kita baru saja dilahirkan, keadaaan kita tidaklh jauh berbeda. Belum bisa berbuat apa-apa kecuali menangis dan menggeliat-geliatkan badan seperti ulat.

Sampai usia remaja, perkembangan yang terjadi pada diri kita sangat ditentukan oleh lingkungan. Entah itu lingkungan keluarga, lingkungan bermain, lingkungan sekolah, sampai lingkungan masyarakat. Masa tersebut adalah masa di mana kita sangat tertarik untuk mencoba segala sesuatu. Tak peduli sesuatu itu berdampak baik ataupun buruk pada diri kita. Yang pentingd adlah dicoba.


Setelah masa remaja, kita mulai dapat berfikir sendiri, mulai dapat membedakan mana yang baik dan mana yang buruk. Nha, mulai saat inilah kita menanggung sendiri beban hidup kita. Seolah-olah segalanya menjadi sangat sulit karena kita sendirilah yang harus memutuskan. Dengan demikian perkembangan yang terjadi pada diri kita pun sangat ditentukan pada mental yang telah terbentuk pad diri kita.


Tak peduli apa yang telah dipelajari semasa anak-anak sampai remaja, ketika kita sudah dapat berfikir sendiri maka semuanya bergantung pada diri kita. Jika selama ini kita mendapatkan pelajaran yang buruk maka kita sudah tahu keadaannya dan dapat memutuskan untuk berubah atau tidak. Sebaliknya, ketika selama ini kita sudah mendapatkan pelajaran yang baik maka kita juga sudah tahu keadaannya dan dapat memutuskan untuk melanjutkan atau tidak.


Dalam hidup ini kita selalu menjumpai adanya pilihan. Apakah kita ingin menjadi orang tidak peduli pada kemajuan atau kita ingin menjadi orang yang selalu mengalami kemajuan? Kalau kita ingin menjadi orang yang selalu mengalami kemajuan, maka apakah kita memilih untuk maju dengan cepat ataukah dengan lambat? Yang berhak menentukan pilihan mana yang yang akan kita ambil tdak lain tidak bukan adalah diri kita sendiri.


Ibarat orang yang sedang bergerak maju, maka ia dapat maju dengan berjalan saja yang berarti butuh waktu lama sampai di tujuan tetapi tidak terlalu banyak mengeluarkan energi atau ia dapat maju dengan berlari yang berarti ia dapat sampai di tempat tujuan dengan cepat tetapi butuh energi yang lebih besar. Hasil akhirnya adalah sama, yaitu tempat tujuan tersebut tetapi proses yang terjadi sangatlah berbeda. Masing-masing orang tentu memiliki pemikiranya sendiri mengenai hal ini.


Yang jelas, jangan sampai menjadi orang yang tanpa kemajuan waktu demi waktu. Seperti kata pepatah yang mengatakan “Hari ini harus lebih baik daripada hari kemarin, dan hari esok harus lebih baik daripada hari ini.” Sebuah prinsip dagang yang sangat populer dan tak ada yang mau membantahnya.

No comments: