/* salju turun */ adnan: Hari Baru Semangat Baru

Sunday, February 17, 2008

Hari Baru Semangat Baru

Manusia diciptakan dengan berbagai macam alat gerak, mulai dari tangan, kepala, jari, kaki, bahkan mata yang berkedip pun merupakan suatu gerak. Sesuai dengan namanya yaitu alat gerak maka setiap organ tersebut didesain untuk bergerak. Justru akan tidak baik ketika alatalat gerak tersebut didiamkan tanpa melakukan sesuatu. Seperti mesin yang didiamkan saja dalam waktu lama maka justru akan menjadi karatan dan akhirnya rusak, tidak bisa dipakai lagi.

Sehubungan dengan hal itu, maka manusia harus melakukan berbagai macam aktifitas setiap harinya. Mungkin kita sering merasakan bahwa saat kita terlalu banyak tidur maka kondisi badan justru akan menurun dan akhirnya yang datang adalah kemalasan. Dan tentu saja masing-masing orang meiliki aktifitasnya masing-masing. Berbagai aktifitas yang mungkin sudah pasti dilakukan adalah belajar dan bekerja. Belajar untuk orang yang masih berada pada usia sekolah sedangkan bekerja bagi orang yang sudah melewati masa sekolah. Dan tidak menutup kemungkinan pada suatu masa melakukan keduanya.

Dari sekian banyak aktifitas ternyata tidak semuanya menyenangkan. Atau tidak semuanya menghasilkan sesuatu yang menyenangkan. Artinya, kadang kita menjumpai suatu aktifitas yang membuat kita bersemangat untuk melakukannya. Contonya saja ketika ada teman yang akan mentraktir makanan, dengan semangat kita akan berangkat. Atau ketika orang tua mengajak rekeasi pada akhir semester, maka dengan senang hati kita akan melakukannya. Tetapi ada juga aktifitas yang membuat kita bosan, dan menurunkan semangat. Contoh saja, ketika ada pekerjaan rumah (entah dari sekoah ataupun dari kampus) yang sangat sulit. Contoh lainnya, ketika kita disuruh melakukan sesuatu yang tidak sesuai dengan keinginan kita. Pasti sangat berat untuk melakukannya.


Nha, sayangnya kadang seuatu yang tidak menyenangkan tersebut mau tidak mau harus kita lakukan. Maka tidak ada pilihan lain kecuali membuat kita merasa nyaman untuk melakukan aktifitas tersebut. Sesuai dengan kata para filosof bahwa “Kita tidak dapat mengubah apa-apa yang ada di luar diri kita tetapi kita punya kontrol penuh untuk mengubah setiap apa yang ada dalam diri kita.” Motivasi dan semangat itu harus kita munculkan di dalam diri kita.


Satu hari, dua hari mungkin tidak cukup tetapi beruntung Tuhan menciptakan siang dan malam. Aktifitas manusia biasanya terbatas pada waktu siang saja, meskipun kadang ada malam, tidak selamanya malam. Maka waktu malam bisa kita jadikan moment yang tepat untuk menyegarkan pikran, mengistirahatkan badan, dan mengmpulkan semangat yang sudah dihabiskan siang tadi. Dengan demikian pada pagi hari kita akan merasa fresh kembai dan siap untuk melakukan setiap aktifitas hari ini, betapapun sulitnya.


Maka hari baru, semangat baru. Hari ini harus lebih baik daripada hari kemarin dan hari esok harus lebih baik daripada hari ini.

No comments: