/* salju turun */ adnan: Dinamis

Sunday, October 26, 2008

Dinamis

Dinamis berarti sesuatu yang tidak sama pada beberapa rentang waktu. Ada perubahan yang terjadi selama periode waktu tertentu dan perubahan tersebut dapat bersifat tetap ataupun random. Kata dinamis selalu mengindikasikan pada sesuatu yang berbeda antara masa lalu dengan sekarang, antara sekarang dan masa yang akan dating.

Kehidupan manusia adalah salah satu contoh dari sekian banyak contoh yang memiliki sifat dinamis. Ia adalah suatu hal yang selalu berubah setiap saat, bahkan untuk rentang waktu limit mendekati nol pun, pasti ada perubahan yang terjadi. Ada beberapa orang yang senang dengan sifat kehidupan yang dinamis seperti itu karena dengan begitu berarti setiap saat adalah misteri yang sangat menantang untuk dipecahkan. Namun demikian, ada juga orang yang justru tidak suka dengan sifatnya yang selalu berubah. Hal ini karena ia terlalu takut untuk menghadapi sesuatu yang belum pasti hasilnya.

Sebenarnya ketidakpastian dalam kehidupan seharusnya membuat kita lebih berkembang. Lho, kok bisa demikian? Karena dengan demikian, kita selalu dituntut untuk berfikir dan bertindak dalam rangka mempersiapkan masa yang akan dating yang belum diketahui seperti apa rupanya. Allah SWT telah memberikan satu keuntungan kepada manusia daripada makhluk lainnya yaitu berupa keceerdasan otak yang mampu membedakan hal yang baik dan buruk, memperhitungkan masa depan dengan landasan peristiwa-peristiwa yang terjadi sekarang.
Sebagai makhluk yang cerdas, seharusnya kita tidak terlalu takut untuk menatap kehidupan yang selalu dinamis. Dengan kedinamisannya itu sebenarnya memberikan keuntungan kepada manusia dengan selalu memberikan surprise-surprise yang bisa membuat kita tertawa tetapi bisa juga membuat kita sedih. Hal seperti itulah yang membuat kita tidak merasa bosan menjalani hari-hari yang panjang nan melelahkan.

Hanya saja, kadang kita terlalu malas untuk menghadapi kedinamisan kehidupan itu. Kemalasan adalah musuh yang utama bagi kedinamisan. Bagaimana tidak? Sifat dinamis menuntut kita untuk selalu berfikir dan bertindak sesuatu yang berbeda setiap saat. Artinya, tidak ada waktu untuk hanya sekedar berleha-leha di tempat tidur ataupun di kursi malas. Sedikit saja kita lalai maka yang terjadi adalah penyesalan yang tidak akan dapat diulang kejadiannya.

Kemalasan yang dimaksud tentu berbeda dengan istirahat, sangat berbeda. Istirahat justru sangat diperlukan dan memang keharusan bagi kita untuk merefresh kembali otot-otot yang mungkin agak lelah. Dengan istirahat, kita memiliki energy baru yang siap digunakan kembali untuk berfikir dan bertindak.

Dengan adanya kedinamisan, maka seharusnya kita selalu selangkah lebih maju dari hari ke hari. Maka jika kita merasa tidak ada kemajuan, sepantasnya kita mengoreksi diri kita sendiri karena bisa jadi ada sesuatu yang salah dalam diri kita. Dan jika kita mau survive maka tidak ada jalan lain kecuali segera menemukan kesalahan itu dan memperbaikinya secepat yang kita bisa.
Selamat berjuang, Semangat!!!!!

No comments: