/* salju turun */ adnan: Perasaan

Sunday, October 5, 2008

Perasaan

Pernahkah kita berfikir bahwa perasaan yang ada dalam diri kita memiliki sensitifitas yang sangat tinggi. Sedikit saja stimulus dating dari luar maka ia akan langsung memberikan respon, entah itu berupa respons yang positif maupun respons yang negative. Keduanya keluar kadang tanpa kemauan kita. Akhirnya yang terjadi adalah sesuatu hal yang berjalan di luar kendali kita sendiri.

Tak ada yang bias disalahkan ketika perasaan tiba-tiba menjadi tidak menyenangkan. Karena memang perasaan itu sendiri berada di dalam tubuh kita, entah di bagian sudut yang mana. Penyebab berubahnya perasaan beraneka ragam, bahkan kadang hanya dengan sesuatu yang sangat kecil pun sebenarnya bias menimbulkan gejolak perasaan yang tak terkontrol. Kecuali untuk orang-orang tertentu yang sudah bias mengontrol tubuhnya dengan sempurna.

Kebanyakan perasaan menjadi tidak menyenangkan karena pengaruh dari luar. Misalnya kita baru saja mendapatkan kabar bahwa nilai ujian kita kurang bagus, maka bias jadi muncul perasaan yang tidak mengenakkan. Atau contoh yang lain misalnya kita melihat orang yang sangat kita cintai sedang berbicara dengan lawan jenis selain kita dan sebaya lagi, muncullah rasa cemburu yang merupakan salah satu bentuk perasaan yang tidak menyenangkan.

Sebenarnya kita bias melatih diri untuk dapat mengendalikan perasaan kita sendiri. Harapannya rasa cemburu yang berlebihan, kekhawatiran yang berlebihan, dan kemarahan yang berlebihan dapat ditekan. Bukan dihilangkan tetapi sekedar dikurangi kerana bagaimanapun juga kita masih membutuhkan perasaan-perasaan tersebut untuk mempertahankan sisi kemanusiaan kita. Semakin kita mampu untuk mengendalikan perasaan maka semakin baik pula kita memberikan respons positif terhadapnya.

Butuh proses yang lama dan melelahkan agar kita berada pada level pengenadlian perasaan yang tinggi. Terbukti banyak orang yang menyerah di tengah jalan dengan membiarkan saja segala macam perasaan berlebihan tersebut menggerogoti hatinya. Yang terjadi adalah semakin hilangnya rasa kemanusiaan dalam diri orang tersebut.

Sesuatu yang sulit bukan berarti tidak mungkin dilakukan. Dengan usaha yang keras dan kesabaran maka sesuatu yang tidak mungkin menjadi mungkin, sesuatu yang di luar logika manusia dapat diwujudkan ke dalam dunia nyata, dan sesuatu yang mustahil dilakukan menjadi sesuatu yang mudah dilakukan.

No comments: