/* salju turun */ adnan: Pusing

Monday, October 27, 2008

Pusing

Pusing adalah salah satu fenomena dalam kehidupan manusia. Apakah pusing dapat dikategorikan sebagai sebuah penyakit? Entahlah, yang jelas pusing membuat suasana menjadi tidak menyenangkan. Lagipula ada beberapa keadaan yang dapat didefinisikan sebagai pusing, tetapi dari keadaan-keadaan itu semuanya mengarah pada sesuatu yang terjadi di kepala.

Pertama, kita mengenal pusing sebagai sebuah penyakit fisik yang menyerang kepala kita. Tidak ada penyebab yang pasti dari penyakit ini, bisa karena virus, salah makan, salah minum, atau hal-hal lain yang juga bersifat fisik. Cara mengatasinya adalah dengan minum obat yang pastinya juga bersifat fisik. Pusing yang diakibatkan karena penyakit fisik ini bisa jadi merupakan imbas dari penyakit yang menyerang bagian tubuh kita yang lain atau memang penyakit utama yang menyerang kepala kita.

Nha, pusing yang kedua adalah pusing yang diakibatkan oleh tekanan mental yang berlebihan. Missal, ketika kita sedang belajar dan diberikan soal yang sangat sulit. Sudah berusaha sekuat tenaga tetapi tidak juga menemukan jawabannya. Dalam hal ini, kemampuan manusia terbatas sehingga jika sudah melampuai batas tersebut maka kepala kita akan terasa pusing. Atau missal bagi kita yang sudah bekerja, dikarenakan menumpuknya pekerjaan di kantor sehingga kepala terasa penat dan akhirnya memunculkan rasa pusing di kepala.

Untuk pusing yang kedua ini diakibatkan oleh sesuatu yang abstrak maka obatnya pun bersifat abstrak. Artinya bukan sesuatu yang dapat kita lihat dan dapat kita rasakan. Cukup dengan istirahat sejenak sambil minum kopi atau menikmati pemandangan yang indah akan menyegarkan kembali pikiran dan menyingkirkan rasa pusing yang tadinya menggerogoti setiap sel otak kita.

Untuk pusing yang pertama kita tidak bisa berbuat apa-apa selain minum obat. Tetapi untuk pusing yang kedua kita bisa melakukan tindakan-tindakan pencegahan yang berhubungan dengan otak kita. Karena pada pusing yang kedua sangat erat kaitannya dengan keadaan psikologi kita. Semakin kuat keadaan pskikis kita maka semakin sulit kita mengalami pusing yang kedua. Bagaimanapun juga tidak ada masalah yang tidak dapat diselesaikan. Artinya ketika kita mampu memanage kemampuan otak kita agar berkerja secara optimal maka segala masalah-masalah yang dapat menimbulkan pusing dapat segera diselesaikan.

Keadaan justru akan terjadi sebaliknya. Karena ketika kita mampu keluar dari keadaan yang rumit menuju keadaan yang indah dan menyenangkan maka akan memunculkan semangat baru untuk segera menyambut tantangan berikutnya. Seperti ketika kita memenangkan sat pertandingan sepak bola maka semua pemain tidak akan sabar untuk segera memenangkan pertandingan berikutnya.

Yah, pusing memang suatu keadan yang sangat tidak menyenangkan. Tetapi lebih tidak menyenangkan lagi ketika kita tidak mampu mengelola keadaan itu dan segera keluar dari keadaan yang demikian. Semakin sering kita bisa keluar dari keadaan itu maka semakin mahir juga diri kita dalam mengelola keadaan psikis kita. Dan semakin mahir kita mengelola keadaan psikis kita maka semakin mudah pula kita keluar dari keadaan yang memusingkan.

No comments: